Transportasi Wisata di Solo

by - Februari 27, 2018

Selain terkenal dengan batiknya, Solo juga terkenal akan transportasinya. Salah satunya yang terkenal adalah bus tingkat yang sempat booming di Indonesia. Selain bus tingkat, ada lagi transportasi di Solo yang akan menarik perhatian kamu untuk naik hihihi. Yuk, lihat!

Bus Tingkat Werkudara

Source: lingkarmerah.com
Bus tingkat Werkudara adalah bus wisata yang ditawarkan Kota Solo bagi para pengunjung yang ingin berkeliling Solo. Desain bis ini berwarna merah dengan tinggi 4,5 meter dan lebar 2,5 meter. Untuk kalian yang ingin berlibur ke Solo dan ingin mengunjungi beberapa tempat di Solo kalian bisa coba naik bis ini. Lokasi yang ditawarkan bis Werkudara adalah Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustakan, dan lainnya.
Jika kalian ingin naik bis ini, kalian harus merogoh kocek sebesar Rp20.000,- untuk berkeliling kota Solo pada hari weekend atau libur. Bagi kalian yang membawa rombongan, bus satu ini juga dapat disewakan dengan harga sewa sebesar Rp800.000,- per 3 jam dengan biaya overtime Rp250.000,- per jam. Penyewa juga dapat meminta untuk berhenti di spot tertentu.
Pemesanan dapat dilakukan di kantor Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Surakarta yang terletak di Jl. Menteri Supeno No. 7 Manahan pada jam kerja. Pemesanan minimal dilakukan satu hari sebelum hari pemberangkatan dan wajib menyerahkan tanda jadi minimal 25% dari harga sewa.

Sepur Kluthuk Jaladara

Source: kaskus.co.id
Transportasi wisata yang ditawarkan lagi oleh Kota Solo adalah sebuah kereta uap. Kereta ini diresmikan tanggal 27 September 2009 oleh Menteri Perhubungan, Jusman Syafi'i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo yang waktu itu masih dijabat oleh Joko Widodo. Sepur Kluthuk beroperasi 2x seminggu yaitu saat weekend saja. Rute Sepur Kluthuk adalah dari Stasiun Purwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah (5,6 km). Kereta uap ini juga akan berhenti di beberapa titik tempat wisata, seperti Kampung Laweyan, Loji Gandrung, keraton, dan sebagainya.
Kereta uap Sepur Kluthuk Jaladara dapat dinikmati 1 paket dengan kapasitas maksimal 80 penumpang. Jika ingin menikmati fasilitas paket pulang-pergi, calon penumpang harus membayar tiket sebesar Rp360.000,- per orang untuk paket 25 penumpang dan Rp290.000,- per orang untuk paket 35 penumpang atau Rp150.000,- per orang untuk paket 80 penumpang.
Fasilitas paket layanan yang ditawarkan Sepur Kluthuk Jaladara cukup banyak, seperti welcome drink yaitu jamu tradisional dan jajanan pasar, live music tradisional yang akan menemani jalan-jalan kalian, souvenir berupa sampir atau slayer, atraksi kesenian tradisional (Reog atau jatilan), tourguide, tiket masuk museum batik, dan coffee break.

You May Also Like

0 komentar