Menu Makanan Berat Khas Solo

by - Februari 13, 2018

Datang ke Solo belum lengkap rasanya jika belum coba kuliner khas daerah itu. Kira-kira, apa ya, kuliner khas Solo yang enak, bikin kenyang, dan harga sudah pasti sesuai kantong. Yuk, simak penjelasan berikut!

Nasi Liwet


Makanan ini wajib kalian coba saat berkunjung ke Solo. Nasi liwet cocok jadi sarapan pagi kamu dan keluarga. Nasinya yang gurih siap mengisi perutmu yang kosong saat pagi hari. Nasi liwet dibuat dengan santan sehingga rasanya gurih. Lauk yang ada di nasi liwet pun beragam, namun yang paling banyak adalah telur bumbu areh, opor ayam, sayur sambal goreng labu siam, dan pelengkap lain. Harga per porsi nasi liwet berkisar antara Rp5.000,00-Rp10.000,00.


Selat Solo


Kedua setelah nasi liwet adalah selat Solo. Makanan ini wajib kamu coba karena jarang ditemukan makanan ini di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Selat Solo cocok untuk dihidangkan saat hujan karena panas dari kuah semur dagingnya dapat menghangatkan tubuhmu yang dingin. Kalau kamu mau menghangatkan gebetanmu yang dingin, boleh coba tawarin selat Solo nih hahahaha. Selat ini berisi daging, telur, kentang, wortel, dan kacang panjang yang siap mengisi perut kosongmu. Tenang, bagi yang ingin diet makan nasi, kamu bisa makan selat ini karena tetap bisa mengenyangkan perutmu. Harganya juga terjangkau berkisar Rp10.000,00-Rp15.000,00 per porsinya.

Tengkleng

Tengkleng juga salah satu kuliner yang wajib kamu coba nih! Bagi kalian yang suka daging kambing, makanan ini cocok untuk kalian. Hidangan ini berisi daging kambing dan disiram bumbu rempah pedas yang dapat dinikmati saat makan siang ataupun makan malam. Harga yang ditawarkan juga sesuai dompet kalian yaitu berkisar Rp25.000,00 saja. Jika mau menikmati tengkleng, direkomendasikan untuk ke Warung Tengkleng Bu Edi. Warung ini sudah terkenal akan kelezatan tengklengnya. Bahkan bapak Presiden Jokowi juga membeli tengkleng disini loh! Tunggu apa lagi? Ayo ke Solo dan nikmati tengklengnya!

Timlo

Selain nasi liwet, makanan yang kamu bisa coba untuk sarapan yaitu timlo! Mungkin makanan ini terdengar asing di telinga kalian, ya. Tapi, timlo ini rasanya tidak kalah enak dari makanan lain loh! Timlo adalah sejenis sup yang berisi kembang tahu dengan daging ayam atau sapi. Tapi, ada juga pelengkap lain yang bisa ditambahkan ke dalam sup ini. Untuk harga, kamu tidak perlu khawatir. Semangkuk timlo biasanya dijual dengan harga Rp6.000,00-Rp7.000,00. Kamu bisa dapatkan timlo dengan rasa enak dan harga terjangkau ini di Timlo Kratonan yang ada di JL. Yos Sudarso no. 229, Solo.

Itulah beberapa kuliner khas yang ada di Solo yang bisa kamu coba saat berkunjung kesana. Jangan lewatkan kesempatannya yaa. Selamat berkuliner ria!

Jika ingin melihat macam-macam kuliner Solo lagi, kalian dapat menonton video berikut



You May Also Like

0 komentar