Menu Makanan Ringan Khas Solo

by - Februari 14, 2018

Jika sebelumnya kita membahas makanan berat, sekarang kita akan membahas tentang makanan ringan yang ada di Solo. Yuk lihat!

Serabi Notosuman


Ada yang sudah coba serabi? Kalau belum, mungkin kamu harus coba serabi yang satu ini! Serabi terkenal di Kota Solo ini sudah ada sejak 1920. Serabi Notosuman sangat lembut ketika dimakan. Rasa santannya pun terasa di mulut. Varian rasa serabi ini ada 2, coklat dan polos. Kamu bisa membeli keduanya jika penasaran dengan rasanya hihihi.. Cara pembuatannya juga cukup mudah loh, kawan! Pertama, aduk tepung beras dan santan menjadi adonan kue serabi. Kedua, tuang adonan diatas cetakan bulat kecil menggunakan tungku. Ketiga, setelah adonan matang, angkat dan siap santap!  Untuk mendapatkan serabi lezat ini, kalian cukup membayar 1.800 per 1 buah serabi polos dan Rp2000,00 per 1 buah serabi coklat. Serabi Notosuman yang terletak di Jl. Mohammad Yamin No 28, Solo buka dari jam 07.00. Ada baiknya untuk datang pagi-pagi, ya, supaya tidak kehabisan.

Sate Kere


Makanan ringan khas Solo ini terbuat dari tempe. Tempe yang digunakan juga bukan tempe biasa, sate kere menggunakan tempe gembus sebagai bahan utamanya. Tempe gembus terbuat dari sari kacang kedelai. Makanan kesukaan Bapak Presiden Jokowi ini ada sejarahnya loh. Awalnya, sate adalah makanan mahal pada masa kolonial Belanda sehingga para rakyat di Solo menciptakan sate versinya sendiri dan terciptalah sate kere ini. Kamu mau coba langsung ke tempat dimana Pak Presiden Jokowi dan keluarganya makan sate ini? Kamu bisa pergi ke sate kere buatan Tugiyem yang terletak di Jl. Arifin no 23, di parkiran Depot Es Nini Thowong. Harga 1 tusuk sate kere dihargai Rp1.500,00. Jika kamu ingin mencoba sate jeroan, warung Tugiyem juga menjualnya dan dihargai Rp22.000,00 per 10 tusuk dan lontong dijual dengan harga Rp3.000,00.

Sosis Solo


Salah satu makanan favorit penulis disini adalah sosis solo. Dari tampilannya, sosis solo tidak jauh berbeda dari risol. Namun yang membedakan sosis solo dengan risol adalah isinya. Jika biasanya risol berisi kentang/wortel dan mayonaise + daging, isi sosis solo adalah daging ayam atau sapi. Tekstur sosis solo juga lebih lembek dari risol dan lebih berminyak. Harga 1 buah sosis solo dihargai Rp2.000,00. Harga yang sangat terjangkau untuk kalian yang suka sekali cemilan. Sosis solo sering dijumpai di setiap sudut kota Solo, jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin membeli cemilan khas ini.

Markobar


Makanan ringan terakhir yang akan dibahas di post ini adalah martabak. Ada jajanan kekinian bagi kalian muda-mudi yang suka nongkrong. Kalian bisa berkunjung ke cafe anaknya Pak Jokowi. Ya, apalagi kalau bukan MARKOBAR! Martabak versi kekinian ini cocok bagi kalian yang suka makan martabak dan ingin mencoba semua rasa dalam satu martabak. Di markobar, kalian bisa memesan beberapa varian rasa dalam 1 loyang martabak. Hmm.. sudah kebayang kan enaknya dan puasnya kalian saat makan martabak ini? Harga 1 loyang martabak berbagai rasa ini juga terjangkau kok. 1 loyangnya dihargai Rp75.000,00 jika kalian memesan 8 rasa sekaligus. Kalian juga dapat memesan hanya 1 rasa kok dan harganya juga berbeda. Letak markobar ada di Solo Baru. Kalian juga tidak akan susah mencari cafe ini karena ada papan nama yang sangat besar dan bercahaya. Ayo, kapan lagi mencicipi martabak berbagai rasa buatan anak presiden?

Itulah makanan ringan yang dapat kalian temukan di Solo. Sebenarnya, masih banyak sekali makanan ringan khas Solo, namun belum sempat dituliskan disini. Selamat berkuliner ria!

Berikut video yang bisa membantu kamu jika ingin menambah pengetahuan tentang kuliner solo!


You May Also Like

0 komentar